PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FEB DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Penulis

  • Vania Amelia Universitas Negeri Surabaya
  • Tisaul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Eklesia Dewi Intani Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Yuli Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Angga Martha Mahendra Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p52-61

Kata Kunci:

Gaya Hidup Hedonisme, Media Sosial, Perilaku Konsumtif

Abstrak

Dalam penelitian ini meneliti terkait bagaimana penggunaan media sosial serta gaya hidup hedonisme menimbulkan pengaruh perilaku konsumtif yang mana merupakan tujuan dalam penelitian. Jenis penelitian yaitu kuantitatif yang didapatkan dari data primer melalui penyebaran kuesioner. Dengan sampel yang dipergunakan pada penelitian yakni sejumlah 119 responden. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah pengambilan sampel acak. Program IBM Statistics 27 digunakan untuk menghasilkan hasil analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwasanya penggunaan media sosial berpengaruh signifikan pada perilaku konsumtif, demikian pula gaya hidup hedonisme. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi edukasi dalam mengelola pola konsumsi yang lebih bijak di era digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini, R. T., Fauzan, &, & Santhoso, H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 3(3), 131–140.

Ariska, S. N., Jusman, J., & Asriany, A. (2023). Pengaruh literasi keuangan, financial tekhnologi dan gaya hidup hedonisme terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(3), 2662-2673.

Asrun, N. A., & Gunawan, A. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Medan dengan Literasi Keuangan sebagai Media Intervening. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 5(1), 173–186. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i1.205

Budiman, Y., Umaternate, A. R., & Singal, Z. H. (2022). Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Indonesian Journal of Social Science and Education, 2(1), 27–33. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/ijsse/article/view/4645%0Ahttps://ejurnal.unima.ac.id/index.php/ijsse/article/download/4645/2091

Daryanti, S. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi. Universitas Jambi.

Dhimas, V., Rizki, F., & Fiky Prakoso, A. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial dan Penggunaan E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Fungsionaris Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Periode 2023. Journal of Education and Research, 3(1). http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jedarr

Faisal, M. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Pontianak. Journal on Education, 7(1), 6255–6260. http://jonedu.org/index.php/joe

Gunawan, A., Fradya, W., & Fauziah, F. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(2), 1–18.

Gouwtama, Y. (2024). Pengaruh Intensitas dan Adiksi Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Phubbing di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 26(1), 93–111. https://doi.org/10.17933/iptekkom.26.1.2024.79-92

Hadi, K. C. K., Setiawan, R. A., & Yustati, H. (2024). Korelasi Antara Gaya Hidup Hedonis dan Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1220–1225. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1676

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25─34

Ismawan, M. B., & Pamungkas, H. P. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA ONLINE SHOP. JAMBURA ECONOMIC EDUCATION JOURNAL, 5(1), 32–41.

Juliana, R., Mas Bakar, R., & Nasrawati Hamid, A. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(6), 1067–1079.

Khairinal, K., Syuhada, S., & Sitinjak, R. S. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL, KONFORMITAS, DAN PENDIDIKAN EKONOMI KELUARGA, TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI SMK 1 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 3(2), 923–938. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2

Kiftiyah, L.M. (2022). Pengaruh Regulasi Diri dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Produk Fashion pada Mahasiswi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mukarramah, M., Inanna, I., Hasan, M., Ahmad, M. I. S., & Nurdiana, N. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1), 96–101. https://doi.org/10.35580/IJSES.V1I1.15483

Pratiwi, A. A., Yuliana, R., & Hamdani, M. (2024). Sosial Media dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif pada Karyawan Muda di Kota Semarang. EconBank: Journal of Economics and Banking, 6(2), 266–279.

Puspitaningsih, F., & Yan Admoko, D. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Trenggalek. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.31537/EJ.V5I1.417

Rahman, Putra, K. N., & Hariatama, F. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edunomics Journal, 5(1), 39–51. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/12227

Ramdhani, R.A.A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif pada Anggota Komunitas Mobil di Yogyakarta. Universitas Negeri Semarang.

Sa’idah, F., & Fitrayati, D. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy, 9(3), 467–475. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5288

Satata, N. I., & Anwar, M. (2023). Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, dan Tren E-Commerce Selama Pandemi Covid 19 Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (JIUBJ), 23(1), 254–258. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3219

Sein Ritonga, L., & Puspita Adiati, R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Self-Esteem terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja di Surabaya. Buletin Penelitian Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 476–485. http://e-journal.unair.ac.id/BRPKM

Stephen, A. T. (2016). The role of digital and social media marketing in consumer behavior. Current Opinion in Psychology, 10, 17–21. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2015.10.016

Sujarweni, V.W., & Utami, L.R. (2019). Buku induk SPSS . Anak Hebat Indonesia.

Thamrin, H., & Achiruddin Saleh, A. (2021). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11, 1–14. https://doi.org/10.35905/komunida.v11i01

Wirasukessa, K., & Sanica, I. G. (2023). FEAR OF MISSING OUT DAN HEDONISME PADA PERILAKU KONSUMTIF MILLENNIALS: PERAN MEDIASI SUBJECTIVE NORM DAN ATTITUDE. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(1), 156–175.

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Amelia, V., Jannah, T., Intani, E. D., Rakhmawati, D. Y., & Mahendra, A. M. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FEB DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(2), 52–61. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p52-61

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 751 , PDF Downloads: 440