PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMKN 1 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p62-68Kata Kunci:
Berwirausaha; Kewirausahaan; Minat; PendidikanAbstrak
Pendidikan kewirausahaan yang lebih kuat diperlukan sebagai strategi alternatif penciptaan lapangan kerja mengingat tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, terutama pada lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). Tujuan riset ini untuk mengkaji bagaimana pendidikan kewirausahaan memengaruhi minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Surabaya. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan kuesioner digunakan untuk memperoleh data. Sampel dipilih dengan menggunakan pengambilan sampel acak sederhana, sebanyak 187 siswa. Regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data. Temuan riset ini mengindikasi bahwa minat berwirausaha dipengaruhi secara signifikan oleh pendidikan kewirausahaan. Riset ini menyoroti pentingnya pendidikan kewirausahaan dalam membentuk perspektif siswa dan mempersiapkan mereka untuk berwirausaha.
Unduhan
Referensi
Adnyana, I. G. L. A., & Purnami, N. M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Locus Of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Budiono, I. nyoman. (2018). Kewirausahaan I.
Hadyastiti, G. A. M. N., Suryandari, N. N. A., & Putra, G. B. B. (2020). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. JURNAL KHARISMA, 2, 174.
Inayati, F. E. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Sikap, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Universitas Islam Indonesia.
Jailani, M., & Sudarma, K. (2017). Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. 52 JEE, 6(1), 52–59. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec
Jiang, H., Xiong, W., & Cao, Y. (2017). Research on the mechanism of entrepreneurial education quality, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intention in social sciences, engineering and science education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3709–3721. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00754a
Kardiana, T. C., & Melati, I. S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1182–1197. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.35712
Kemendikbudristek. (2024). Tema Projek Berdasarkan Jenjang.
Limanseto. (2022). Pemerintah Perkuat Ekosistem Kewirausahaan yang Berorientasi pada Nilai Tambah dan Pemanfaatan Teknologi.
Mulyani, E. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah.
Naiborhu, I. K., & Susanti. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unesa Melalui Efikasi Diri. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 107–124. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124
Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 156. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5157
Nurhidayani, Marton, T., & Wardani, K. D. (2021). The Role of Entrepreneurship Education Seeking to Influence Entrepreneurial Intentions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8, 206–301. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i11.3146
Putri, R. N., Saddam, J., & Shidiqie, A. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia tahun 2015-2020. Jurnal Kebijakan Ekonomi Dan Keuangan, 220–225. https://doi.org/10.20885/jkek.vol1.iss2.art9
Rimadani, F., & Murniawaty, I. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Business Center Dan Kreativitas Siswa Terhadap Jiwa Berwirausaha Siswa. https://doi.org/http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. (2023). Peran Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Memposisikan Lulusan Siswanya Mencari Pekerjaan. 14(1), 84–94. https://doi.org/10.31764
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Susilawaty, E. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. In Journal of Business Administration (JBA) (Vol. 2, Issue 1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nindiya Kencana Duwi Pertiwi, Novi Marlena

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 175
,
PDF Downloads: 126
