PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMKN 1 SURABAYA

Penulis

  • Nindiya Kencana Duwi Pertiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p62-68

Kata Kunci:

Berwirausaha; Kewirausahaan; Minat; Pendidikan

Abstrak

Pendidikan kewirausahaan yang lebih kuat diperlukan sebagai strategi alternatif penciptaan lapangan kerja mengingat tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, terutama pada lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). Tujuan riset ini untuk mengkaji bagaimana pendidikan kewirausahaan memengaruhi minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Surabaya. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan kuesioner digunakan untuk memperoleh data. Sampel dipilih dengan menggunakan pengambilan sampel acak sederhana, sebanyak 187 siswa. Regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data. Temuan riset ini mengindikasi bahwa minat berwirausaha dipengaruhi secara signifikan oleh pendidikan kewirausahaan. Riset  ini menyoroti pentingnya pendidikan kewirausahaan dalam membentuk perspektif siswa dan mempersiapkan mereka untuk berwirausaha.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, I. G. L. A., & Purnami, N. M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Locus Of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Budiono, I. nyoman. (2018). Kewirausahaan I.

Hadyastiti, G. A. M. N., Suryandari, N. N. A., & Putra, G. B. B. (2020). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. JURNAL KHARISMA, 2, 174.

Inayati, F. E. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Sikap, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Universitas Islam Indonesia.

Jailani, M., & Sudarma, K. (2017). Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. 52 JEE, 6(1), 52–59. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

Jiang, H., Xiong, W., & Cao, Y. (2017). Research on the mechanism of entrepreneurial education quality, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intention in social sciences, engineering and science education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3709–3721. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00754a

Kardiana, T. C., & Melati, I. S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1182–1197. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.35712

Kemendikbudristek. (2024). Tema Projek Berdasarkan Jenjang.

Limanseto. (2022). Pemerintah Perkuat Ekosistem Kewirausahaan yang Berorientasi pada Nilai Tambah dan Pemanfaatan Teknologi.

Mulyani, E. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah.

Naiborhu, I. K., & Susanti. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unesa Melalui Efikasi Diri. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 107–124. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124

Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 156. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5157

Nurhidayani, Marton, T., & Wardani, K. D. (2021). The Role of Entrepreneurship Education Seeking to Influence Entrepreneurial Intentions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8, 206–301. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i11.3146

Putri, R. N., Saddam, J., & Shidiqie, A. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia tahun 2015-2020. Jurnal Kebijakan Ekonomi Dan Keuangan, 220–225. https://doi.org/10.20885/jkek.vol1.iss2.art9

Rimadani, F., & Murniawaty, I. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Business Center Dan Kreativitas Siswa Terhadap Jiwa Berwirausaha Siswa. https://doi.org/http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. (2023). Peran Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Memposisikan Lulusan Siswanya Mencari Pekerjaan. 14(1), 84–94. https://doi.org/10.31764

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Susilawaty, E. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. In Journal of Business Administration (JBA) (Vol. 2, Issue 1).

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Nindiya Kencana Duwi Pertiwi, & Marlena, N. (2025). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMKN 1 SURABAYA . Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(2), 62–68. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p62-68

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 175 , PDF Downloads: 126