PENGARUH SELF-EFFICACY DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p97-110Kata Kunci:
Adversity Quotient, Intensi Berwirausaha, Mahasiswa, Pendidikan Bisnis, Self-EfficacyAbstrak
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang besar, namun masih menghadapi tantangan serius seperti tingginya angka pengangguran. Salah satu solusi strategis untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui kewirausahaan. Mahasiswa sebagai generasi muda diharapkan memiliki intensi berwirausaha yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-efficacy dan adversity quotient terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner daring. Responden berjumlah 205 mahasiswa, dan data dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 25.
Hasil uji t menunjukkan bahwa self-efficacy dan adversity quotient masing-masing berpengaruh terhadap intensi berwirausaha, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Uji F menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut secara simultan juga berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (F hitung = 56,244; sig = 0,000). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,351 mengindikasikan bahwa 35,1% variasi intensi berwirausaha dapat dijelaskan oleh self-efficacy dan adversity quotient. Temuan ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dalam kemampuan diri dan ketahanan dalam menghadapi kesulitan merupakan faktor psikologis penting yang mendorong niat mahasiswa untuk menjadi wirausahawan.
Unduhan
Referensi
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Alperu, Murnaka, N. P., M, I. B., & H, A. W. (2022). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Gantung. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 573–584. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.573-584
Amaliah, S. R., Nurhikmah, N., & Umar, M. F. R. (2024). Pengaruh Self-efficacy Terhadap Entrepreneurial Intention Pada Mahasiswa Universitas Bosowa Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(1), 312–322. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3703
Awalia, R., Nurhidayah, & Novianto, A. S. (2024). Pengaruh Self Efficacy, Adversity quotient dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Malang. e-Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 287–294.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2024a). Jumlah dan Persentase Penduduk Bekerja dan Pengangguran, 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk1MyMy/jumlah-dan-persentase-penduduk-bekerja-dan-pengangguran.html
Badan Pusat Statistik (BPS). (2024b). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2022-2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control.
Budiono, Indawati, N., & Kistyanto, A. (2019). The Effect of Self-efficacy, Adversity quotient, and Locus of Control on Entrepreneurial Intentions. Scholars Journal of Economics, Business, and Management, 6(2), 122–130. https://doi.org/10.21276/sjebm.2019.6.2.6
Chrismardani, Y. (2016). Theory Of Planned Behavior Sebagai Prediktor Intensi Berwirausaha. Jurnal Kompetensi, 10(1), 91–103.
Elfina, Y. (2021). Pengaruh Adversity quotient, Self-Regulated Learning, dan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Skripsi.
Eryanto, H., Munawaroh, & Robinson, R. (2021). Pengaruh Adversity Quotient Dan Self Efficacy Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Smk Negeri 40 Jakarta.
Ginting, S. S. (2022). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Adversity quotient Pada Pengurus Organisasi Kammi Kota Medan. Skripsi.
Hanapi, I. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Efficacydalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islamnegeri Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi.
Huda, N., & Damar, D. (2021). Asosiasi Adversity quotient dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Jenjang SMP. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.892
Kausari, I. H. (2024). Pengaruh Norma Subyektif dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Uin Ar- Raniry Banda Aceh. Skripsi.
Kholifa, N. N., Zevender, P. S., & Mustofa, T. Z. (2024). Pengaruh Self Efficacy dan Kreatifitas Terhadap Minat Wirausaha Di Indonesia. JURNAL SINAU, 10(1), 61–75.
Kurniawati, W., & Marlena, N. (2018). the Influence of Self Efficacy and Adversity quotient: How Is the Vocational Student Entrepreneurial Intention? Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 4(2), 96–107. https://doi.org/10.17977/um003v4i22018p096
Lumbantoruan, N. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha ( Studi Kasus pada mahasiswa Universitas HKBP NOMMENSEN MEDAN).
Marlina, E., Gusteti, Y., & Putri, D. E. (2023). Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Dharmas Indonesia). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 4(3), 296–309. https://doi.org/10.47747/jbme.v4i3.1319
Marsalenah, Y. (2023). Hubungan Modal Sosial Dengan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Power Academy Angkatan 1.
Nazura. (2020). Pengaruh Self Efficacy Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Karyawan PT PLN (Persero) UP2D Riau. Skripsi.
Nugroho, S., & Sulistyowati, S. N. (2020). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Stkip Pgri Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 275–280. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.19526
Pamungkas, A. P., & Indah, M. (2017). Pengaruh Self Efficacy , Pendidikan Kewirausahaan Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi, 1–13.
Pratama, E. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Adversity quotient Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Baturaja. Skripsi.
Prodi S1 Pendidikan Bisnis. (2022). Laporan Tracer Study S1 Pendidikan Bisnis Tahun Lulusan 2021.
Prodi S1 Pendidikan Bisnis. (2023). Laporan Tracer Study S1 Pendidikan Bisnis Tahun Lulusan 2022.
Prodi S1 Pendidikan Bisnis. (2024). Laporan Tracer Study-User Survey Prodi S1 Pendidikan Bisnis.
Ramadhani, S. F., & Marna, J. E. (2024). Pengaruh Self-Efficacy , Adversity Quotient , dan Entrepreneurial Alertness terhadap Intensi Berwirausaha. 7(3), 521–532.
Ratnasari, H. (2018). Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) Dengan Kinerja Karyawan Pada Pt Metraplasa. Skripsi.
Risanti, G. S. (2020). Pengaruh Karakteristik Psikologi terhadap Intensi Kewirausahaan di mediasi Sikap Kewirausahaan (Studi pada Mahasiswa di Lima Universitas Yogyakarta). EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 3(2), 211–241. https://doi.org/10.24071/exero.v3i2.4299
Serianti, N. W., Suarni, N. K., & Gading, K. (2020). Pengembangan skala adversity quotient peserta didik SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 38–48. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/index
Siregar, D. A., & Nizma, C. (2017). Pengaruh Adversity quotient, Need for Achievement Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 737–743.
Stoltz, P. G. (1997). The Most Important Factor iin Achieving Success. Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.)). Alfabeta.
Yurini, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Keterampilan Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Akau Potong Lembu Tanjungpinang. Skripsi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Farhan Rachmat Widianto, Septyan Budy Cahya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 19
,
PDF Downloads: 11
