PENERAPAN MEDIA TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN DIGITAL SISWA KELAS X BISNIS DIGITAL (STUDI DI SMKS NU GRESIK TAHUN AJARAN 2024 / 2025)

Penulis

  • James Imanuel Imanuel Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p69-78

Kata Kunci:

Intensi berbisnis digital; kompetensi digital; Pembelajaran bisnis online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan keterampilan digital siswa kelas X BD. Jumlah siswa yang dijadikan sampel dan diteliti pada kelas eksperimen yaitu 30 siswa dan pada kelas kontrol yaitu 30 siswa. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Sampel yang diambil yaitu seluruh siswa kelas X BD berjumlah 60 siswa untuk dua kelas. Dengan kondisi awal yang relatif setara. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes gambar, dan observasi. Hasil penelitian dapat dilihat motivasi belajar kelas eksperimen memiliki rata – rata 73,33 dan keterampilan digital digital 75,00. Kelas Kontrol motivasi belajar memiliki rata – rata 71,33 dan keterampilan digital 71,17. Dilakukan analisis statistik menggunakan analisis deskriptif dan Uji Independent T-test. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar dan keterampilan digital antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan media Tiktok dan kelas kontrol menggunakan PowerPoint.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 2, No. 1, 88–100. Https://Publikasi.Stkippgri-Bkl.Ac.Id/Index.Php/Cc/Article/View/70

Budiman. H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. Mandar: Management Development And Applied Research Journal, 4, 112–120. Http://Ojs.Unsulbar.Ac.Id/Index.Php/Mandar

Fadhilah, A. N. U. R. (2019). Model Pengukuran Peranan Sumber Daya Ti Berdasarkan Orientasi Kapabilitas.

Harefa, A., Aulia Dalimunthe, R., Nazmi Lubis, A., Bancin, E., Fahmy Dalimunthe, S., & Info, A. (2024). Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Seni Tari Tradisi Nusantara Di Sekolah Use Of Tiktok As A Media For Learning The Arts Of Nusantara Traditional Dance In Schools. 527–534. Https://Jicnusantara.Com/Index.Php/Jiic

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, T. H., Tasdim, T., Mufit A. A., Rahmat, A., Masdiana, I. I. P. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group. Https://Eprints.Unm.Ac.Id/20720/1/Media Pembelajaran 2.Pdf

Hidayah, I. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha Cv. Ratatia Indonesia Rumbai Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Kebudayaan, K. P. Dan. (N.D.). Capaian Pembelajaran Smk Kelas X Pemasaran Digital. Https://Guru.Kemdikbud.Go.Id/Kurikulum/Referensi-Penerapan/Capaian-Pembelajaran/Smk/Dasar-Dasar-Pemasaran/Fase-E/

Mayer, R. E. (1947). Multimedia Learning (Second Edi). Cambridge University. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=5g0am1chysgc&Printsec=Copyright&Hl=Id#V=Onepage&Q&F=False

Murtini, W. H., Dede R. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8, No. 1, 17–32. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V8n1.P17-32

Nurul Swandari, & Abdurahman Jemani. (2023). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Studi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang). Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 127–147. Https://Doi.Org/10.58218/Literasi.V2i2.632

Octavianna, Y., Nainggolan, C. F., Tampubolon, E. D., Silaban, F., & Simbolon, T. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Untuk Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilan Digital Siswa Di Smks Dharma Karya Beringin , Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 5(3), 2966–2975.

Pagarra, H., & Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, S. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit Unm.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 3, 289–302. Https://Doi.Org/10.59246/Alfihris.V2i3.843

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika: Research And Learning In Communication Study, 4(1), 62. Https://Doi.Org/10.31289/Simbollika.V4i1.1474

Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. 1–19.

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Imanuel, J. I., & Patrikha, F. D. (2025). PENERAPAN MEDIA TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN DIGITAL SISWA KELAS X BISNIS DIGITAL (STUDI DI SMKS NU GRESIK TAHUN AJARAN 2024 / 2025). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(2), 69–78. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p69-78

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 42