PENERAPAN MEDIA TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN DIGITAL SISWA KELAS X BISNIS DIGITAL (STUDI DI SMKS NU GRESIK TAHUN AJARAN 2024 / 2025)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p69-78Kata Kunci:
Intensi berbisnis digital; kompetensi digital; Pembelajaran bisnis onlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan keterampilan digital siswa kelas X BD. Jumlah siswa yang dijadikan sampel dan diteliti pada kelas eksperimen yaitu 30 siswa dan pada kelas kontrol yaitu 30 siswa. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Sampel yang diambil yaitu seluruh siswa kelas X BD berjumlah 60 siswa untuk dua kelas. Dengan kondisi awal yang relatif setara. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes gambar, dan observasi. Hasil penelitian dapat dilihat motivasi belajar kelas eksperimen memiliki rata – rata 73,33 dan keterampilan digital digital 75,00. Kelas Kontrol motivasi belajar memiliki rata – rata 71,33 dan keterampilan digital 71,17. Dilakukan analisis statistik menggunakan analisis deskriptif dan Uji Independent T-test. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar dan keterampilan digital antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan media Tiktok dan kelas kontrol menggunakan PowerPoint.
Unduhan
Referensi
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 2, No. 1, 88–100. Https://Publikasi.Stkippgri-Bkl.Ac.Id/Index.Php/Cc/Article/View/70
Budiman. H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. Mandar: Management Development And Applied Research Journal, 4, 112–120. Http://Ojs.Unsulbar.Ac.Id/Index.Php/Mandar
Fadhilah, A. N. U. R. (2019). Model Pengukuran Peranan Sumber Daya Ti Berdasarkan Orientasi Kapabilitas.
Harefa, A., Aulia Dalimunthe, R., Nazmi Lubis, A., Bancin, E., Fahmy Dalimunthe, S., & Info, A. (2024). Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Seni Tari Tradisi Nusantara Di Sekolah Use Of Tiktok As A Media For Learning The Arts Of Nusantara Traditional Dance In Schools. 527–534. Https://Jicnusantara.Com/Index.Php/Jiic
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, T. H., Tasdim, T., Mufit A. A., Rahmat, A., Masdiana, I. I. P. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group. Https://Eprints.Unm.Ac.Id/20720/1/Media Pembelajaran 2.Pdf
Hidayah, I. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha Cv. Ratatia Indonesia Rumbai Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Kebudayaan, K. P. Dan. (N.D.). Capaian Pembelajaran Smk Kelas X Pemasaran Digital. Https://Guru.Kemdikbud.Go.Id/Kurikulum/Referensi-Penerapan/Capaian-Pembelajaran/Smk/Dasar-Dasar-Pemasaran/Fase-E/
Mayer, R. E. (1947). Multimedia Learning (Second Edi). Cambridge University. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=5g0am1chysgc&Printsec=Copyright&Hl=Id#V=Onepage&Q&F=False
Murtini, W. H., Dede R. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8, No. 1, 17–32. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V8n1.P17-32
Nurul Swandari, & Abdurahman Jemani. (2023). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Studi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang). Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 127–147. Https://Doi.Org/10.58218/Literasi.V2i2.632
Octavianna, Y., Nainggolan, C. F., Tampubolon, E. D., Silaban, F., & Simbolon, T. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Untuk Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilan Digital Siswa Di Smks Dharma Karya Beringin , Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 5(3), 2966–2975.
Pagarra, H., & Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, S. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit Unm.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 3, 289–302. Https://Doi.Org/10.59246/Alfihris.V2i3.843
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika: Research And Learning In Communication Study, 4(1), 62. Https://Doi.Org/10.31289/Simbollika.V4i1.1474
Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. 1–19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 James Imanuel Imanuel, Finisica Dwijayati Patrikha

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 40
,
PDF Downloads: 42
