PERAN ORANGTUA DALAM PELAKSANAAN LEARN FROM HOME PADA ANAK USIA DINI DI TK A CENDEKIA UPT SKB CERME-GRESIK

Authors

  • Rienda Yonika Adisty Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan berlakunya kebijakan learn from home. Di dalam
situasi ini menuntut keterlibatan orang tua secara maksimal dalam bekerjasama
menerapkan kebijakan pemerintah dan mengembalikan hakikat pendidikan anak
dalam keluarga dengan optimalisasi fungsi parenting. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran orangtua dalam pelaksanaan learn from home pada anak usia dini
di TK A Cendekia. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peran orang tua secara umum dalam
pelaksanaan learn from home adalah sebagai pendidik, penjaga, pembimbing,
pengawas dan pengembang. Secara lebih khusus untuk memastikan anak dalam
menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, serta menaati protokol kesehatan.
Latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang berbeda tetap menunjukkan
bahwa semua orangtua memiliki tujuan yang sama untuk membimbing anak
memiliki karakter dan moral yang baik. Orangtua juga menyeimbangkan antara
pekerjaan rumah tangga, pekerjaan inti, dan mengurus anak. Di sisi lain, orangtua
mengikuti perkembangan teknologi modern untuk menunjang kegiatan
pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Adisty, R. Y., & -, S. (2021). PERAN ORANGTUA DALAM PELAKSANAAN LEARN FROM HOME PADA ANAK USIA DINI DI TK A CENDEKIA UPT SKB CERME-GRESIK. J+PLUS UNESA, 10(1), 81–88. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42413
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 76