PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SKB GUDO JOMBANG

  • Yanis Noveana Devi Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peranan tutor dalam kegiatan pembelajaran adalah menciptakan suasana agar peserta didik mempunyai keinginan dan motivasi untuk belajar. Pada lembaga pendidikan nonformal salah satunya yaitu lembaga SKB, yang dihadapi oleh tutor adalah seorang peserta didik yang memiliki latar belakang kehidupan yang bermacam-macam. Dalam pembelajaran selama pandemi covid-19, para tutor kesetaraan paket b di SKB Gudo Jombang melaksanakan pembelajaran secara daring melalui media WhatsApp, Youtube, dan web seTARA daring. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kreativitas mengajar tutor terhadap motivasi belajar peserta didik paket b pada masa pandemi covid-19 di SKB Gudo Jombang. Peneltian ini menggunakan jenis penelitian yaitu kuantitatif korelasional dengan menghubungkan antara variabel X dengan variabel Y. Penelitian ini melibatkan 30 responden peserta didik paket b di SKB Gudo Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup yang berisi 20 pertanyaan. Hasil uji validitas menunjukkan semua item pertanyaan dinyatakan valid, dikarenakan hasil uji korelasi product moment menunjukkan nilai Sig. yang lebih kecil dari 0,05. Analisis hipotesis diketahui Fhitung > Ftabel yaitu 22,655 > 4,17 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kreativitas mengajar tutor secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh bahwa kreativitas mengajar tutor (X) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) dengan total pengaruh sebesar 44,7%. Semakin meningkatnya kreativitas mengajar tutor akan berpengaruh baik terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik paket b di SKB Gudo Jombang.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 77