PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SeTARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK PAKET C DI SKB GUDO KABUPATEN JOMBANG

  • Tia Asmaaul Rohiimimah Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran adalah alat untuk merangsang peserta didik belajar yang dibuat secara inovatif. SeTARA Daring merupakan media pembelajaran e-learning yang memanfaatkan jaringan internet. Hasil belajar merupakan proses untuk mengukur kemampuan peserta didik setelah melewati proses belajar mengajar. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran seTARA Daring terhadap hasil belajar sosiologi peserta didik paket C di SKB Gudo Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.  Populasi responden dalam penelitian ini berjumlah 35 peserta didik paket C di SKB Gudo Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Kuadrat. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penerapan media pembelajaran seTARA Daring terhadap hasil belajar Sosiologi peserta didik paket C di SKB Gudo Kabupaten Jombang. Hal ini berarti penerapan media pembelajaran seTARA Daring tidak menyebabkan peningkatan hasil belajar sosiologi peserta didik paket C. Hal ini dibuktikan dari harga Chi Kuadrat Xhitung lebih kecil dari X2 tabel dengan taraf signifikan 5%. Maka harga Chi Kuadrat X2 hitung (16,394) sedangkan Xtabel pada taraf signifikan 5% (16,919). Dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung 16,394 lebih kecil dari X2 tabel taraf signifikan 5% yaitu 16,394 < 16,919.

Published
2021-12-01
Abstract View: 93
PDF Full Text Download: 90