MODEL PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PKBM BUDI UTAMA SURABAYA

  • Ayu Nur Azizah Permadi Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang proses pembelajaran di masa pandemi covid 19 pada
Kesetaraan Paket C di Pkbm Budi Utama Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian field
research atau penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri
dari pengelola, pendidik/tutor dan peserta didik Kesetaraan Kejar Paket C. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara secara
Daring guna mencegah penyebaran virus covid 19, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian tentang model pembelajaran transformatif pada Pendidikan Kesetaraan
Paket C di masa pandemi Covid-19 di PKBM Budi Utama Surabaya, maka dapat
disimpulkan bahwa perubahan dari model pembelajaran konvensional ke model
pembelajaran daring yang di lakukan. Terdapat beberapa kendala selama proses
pembelajaran daring yang dilakukan di Pendidikan Kesetaraan Paket C, salah satunya
kurang efektif penyampaian materi karena pendidik tidak dapat mengetahui peserta didik
dapat memahami materi atau sebalikya, pengumpulan tugas yang kurang tepat waktu karena
jam kerja peserta didik yang berbeda-beda ikut berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 373