EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM KEJAR PAKET C PKBM BUDI UTAMA SURABAYA

  • Nisvu Rohmatillah Imamah Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring adalah proses belajar yang membutuhkan bantuan teknologi
dalam menyukseskan pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Efektivitas
manajemen pembelajaran daring menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung
tercapainya pembelajaran. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi
menjadi kunci pokok dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penelitian
dilakukan guna menentukan ada tidaknya hubungan antara efektivitas manjemen
pembelajaran daring pada program kejar paket C Budi Utama Surabaya. Peneliti
menggunakan kuantitatif yang analisisnya menggunakan statsitik dengan teknik
analisis data korelasi product moment. Subjek penelitian ini berjumlah 30 peserta
diidk kejar paket C jurusan IPS PKBM Budi Utama Surabaya yang digunakan untuk
mengumpulkan data dilakukan dengan isntrumen penelitian berupa angket dan
pengukuran skala likert. Hasil dari analisis efektivitas manajemen pembelajaran
daring dengan program kejar paket C adalah 0,672 dengan nilai signifikansi sebesar
0,00 (p<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
anatara efektivitas manajemen pembelajaran daring pada proses pembelajaran daring
yang dilaksanakan.

Published
2021-07-29