EFEKTIFITAS PERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 12-15 TAHUN DALAM BDR DI DESA RANDUAGUNG KECAMATAN GRESIK

  • Charisma Meizena Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Di masa pandemi Covid 19 dibutuhkan peran orang tua untuk meningkatkan minat belajar anak ketika belajar dari rumah berlangsung. Minat adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan. Dengan adanya minat, anak akan sangat mudah menerima hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peran orang tua selama anak belajar dari rumah terhadap minat belajar anak selama melakukan belajar dari rumah . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji validitas menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alfa . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak umur 12-15 tahun di desa Randuagung Gresik sebanyak 30 orang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket skala likert. Hasil dari analisis efektifitas peran orang tua terhadap minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah) menunjukkan tingkat koefisien korelasi 0,781 dengan signifikansi sebesar 0,05(p<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara efektifitas peran orang tua dan minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah).

Published
2021-07-29
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 143