Hubungan Antara Model Pembelajaran Project-based Learning dengan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik di Homeschooling Pena Surabaya
Abstract
Asosiasi Pendidikan Nasional mengidentifikasi "4C" sebagai keterampilan abad ke-21, termasuk pemikiran kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi menjadi penting dalam pendidikan abad ke-21, terutama dalam konteks Homeschooling Pena Surabaya di kelas robotic dengan pembelajaran project-based learning (PjBL). Faktor-faktor seperti kesulitan tugas dan kurangnya kesadaran akan pentingnya saling menghargai dalam kerja kelompok mempengaruhi keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara model project-based learning (PjBL) dengan keterampilan kolaborasi peserta didik di Homeschooling Pena Surabaya. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional, melibatkan 31 peserta didik, hasilnya menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara PjBL dan keterampilan kolaborasi (r = 0,568, sig = 0,001). Hasil ini menegaskan bahwa project-based learning (PjBL) yang lebih tinggi berkaitan dengan keterampilan kolaborasi yang lebih baik, menggarisbawahi pentingnya model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan abad ke-21.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)