Hubungan Antara Model Pembelajaran Project-based Learning dengan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik di Homeschooling Pena Surabaya

Authors

  • Divanda Putri Nabiilah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Asosiasi Pendidikan Nasional mengidentifikasi "4C" sebagai keterampilan abad ke-21, termasuk pemikiran kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi menjadi penting dalam pendidikan abad ke-21, terutama dalam konteks Homeschooling Pena Surabaya di kelas robotic dengan pembelajaran project-based learning (PjBL). Faktor-faktor seperti kesulitan tugas dan kurangnya kesadaran akan pentingnya saling menghargai dalam kerja kelompok mempengaruhi keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara model project-based learning (PjBL) dengan keterampilan kolaborasi peserta didik di Homeschooling Pena Surabaya. Metode pada penelitian ini yaitu  kuantitatif korelasional, melibatkan 31 peserta didik, hasilnya menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara PjBL dan keterampilan kolaborasi (r = 0,568, sig = 0,001). Hasil ini menegaskan bahwa project-based learning (PjBL) yang lebih tinggi berkaitan dengan keterampilan kolaborasi yang lebih baik, menggarisbawahi pentingnya model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-03

How to Cite

Nabiilah, D. P., & Yulianingsih, W. (2024). Hubungan Antara Model Pembelajaran Project-based Learning dengan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik di Homeschooling Pena Surabaya. J+PLUS UNESA, 13(1), 49–57. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/59189
Abstract views: 66 , PDF Downloads: 22

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>