HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN ANDRAGOGI DENGAN MINAT BELAJAR ORANG DEWASA DI MAJELIS MAIYAH BANGBANG WETAN SURABAYA
Abstract
Masyarakat perkotaan cenderung disibukkan oleh pekerjaan dari pagi sampai petang disepanjang hari. Dengan kondisi dan keadaan seperti itu, mereka membutuhkan suatu forum untuk sekedar bersosialisasi, bertukar pikiran, menguatkan iman, menambah pengetahuan dan menumbuhkan kebahagiaan dari dalam dirinya. Adanya Majelis Maiyah Bangbang Wetan cukup menarik banyak jamaah untuk mengikuti pengajian disetiap bulan karena majelis ini cukup berbeda dengan majelis taklim lainnya dari segi pendekatan maupun kegiatan selama pengajian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendekatan andragogi dengan minat belajar orang dewasa serta mengetahui pendekatan andragogi yang diterapkan dalam pembelajaran orang dewasa di Majelis Maiyah Bangbang Wetan Surabaya. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional product moment . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi tidak terstruktur dan angket berupa google form yang disebarkan ke jamaah melalui whatsapp, dengan 40 responden dari jamaah usia dewasa di atas 20 tahun. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan antara pendekatan andragogi dengan minat belajar di Majelis Maiyah Bangbang Wetan, yang ditunjukkan nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (0,737 > 0,312) dengan Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Sehingga jika pendekatan andragogi diterapkan dengan baik, maka minat belajar orang dewasa semakin meningkat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

