STRATEGI PENDIDIKAN KELUARGA SELAMA PANDEMI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD SKB GUDO JOMBANG

  • Wahyu Rif’atus Sholihah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan anak-anak belajar dari rumah. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah di bawah bimbingan orang tua. Peran orang tua dalam mendidik anak merupakan peran yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Adapun orang tua yang mempunyai kesempatan terbatas dalam mendampingi anak selama belajar dari rumah, mereka tetap berusaha untuk meluangkan waktu supaya bisa menemani belajar dari rumah, memberikan motivasi pada anak, mengajarkan dan membiasakan sikap disiplin serta menciptakan lingkungan yang nyaman untuk menunjang proses pembelajaran supaya berjalan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan mengkaji strategi orang tua dalam memberikan pendampingan belajar dari rumah dalam mentransformasikan pengetahuan kepada anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangannya. Penelitian ini menggambarkan jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu orang tua anak layanan usia 4-5 tahun dan ketua pokdi Anak Usia Dini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa strategi orang tua dalam mengatur waktu secara presisi mulai dari memberikan pendampingan kepada anak sebisa mungkin dengan efektif, penanaman pendidikan karakter seperti pembiasaan pada anak untuk bertanggung jawab, disiplin dan menghormati orang yang lebih tua. Strategi ini digunakan orang tua dalam menciptakan kondisi yang inovatif dalam pembelajaran.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 168