PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF KAHOOT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PAKET B DI SKB GUDO KABUPATEN JOMBANG

  • Eka Dwilestari Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tren pendidikan setahun terakhir ialah Asesmen Nasional. Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu aspek yang diujikan diantaranya literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang hendaknya dikuasai sebagai acuan dalam peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Dalam meningkatkan kemampuan dasar tersebut digunakan berbagai cara dan media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai penerapan media kuis interaktif kahoot dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik paket B. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif. Dengan jumlah 19 informan terdiri atas peserta didik paket B, pamong belajar serta tutor. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa kahoot dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik, dibuktikan dengan hasil pengerjaan soal bahwa 1) peserta didik mampu mengerjakan soal aspek berhitung dari penjumlahan - pembagian dengan dominasi soal benar sebanyak 55,56%. 2) dapat menganalisis informasi yang disajikan melalui grafik/diagram. 3) menemukan informasi dari penggalan teks. Penerapan kahoot juga memacu a) peningkatan antusias peserta didik dalam belajar b) terciptanya kondisi belajar yang menyenangkan c) meningkatkan kemampuan menggunakan media berbasis teknologi dan menciptakan pengalaman belajar baru.

Published
2022-05-09
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 238