PERAN TUTOR DALAM MENGANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LBB PRIMANESA KECAMATAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA

  • Nurmalita Adzeng Pramessy Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada aspek pendidikan. Tidak
hanya pada pendidikan formal namun pendidikan non formal juga berpengaruh. Akibatnya pergerakan
lembaga bimbingan belajar menjadi terbatas dikarenakan terhimpit masa pandemi. Seluruh aspek pendidikan
terdampak mengharuskan pembelajaran secara daring. Hal ini menyebabkan lembaga bimbingan belajar
dituntut untuk menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik dengan kondisi yang berbeda dari sebelumnya
agar tetap dapat mendampingi belajar peserta didik selain di pendidikan formal. Tujuan dari penelitian ini
ialah untuk mengetahui dan memahami peran tutor LBB Primanesa dalam menganalisis kebutuhan belajar
peserta didik di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara berupa mengajukan daftar pertanyaan pada tutor
melalui google form. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan yakni menjelaskan bahwa peran tutor LBB
Primanesa dalam menganalisis kebutuhan belajar peserta didik telah terlaksana dengan baik sehingga
kebutuhan belajar peserta didik dapat terpenuhi. Tutor melaksanakan perannya sebagai pengajar dengan
menunjang pembelajaran jarak jauh ketika proses pembelajaran tutor menyediakan alat atau media
pembelajaran untuk menunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi ini berupa modul online yang
dilengkapi dengan aplikasi zoom meeting beserta pen digital. Menjalankan perannya sebagai fasilitator
dengan memberikan bimbingan kepada peserta didik sehingga peserta didik tidak menjadi tertekan dan dapat
mencapai keberhasilannya dalam belajar. Sebagai motivator, tutor membangkitkan minat peserta didik
dengan cara ketika mengawali kegiatan belajar memberikan penguatan berupa motivasi untuk peserta didik
dan memberikan semangat kepada peserta didik, bahwa dengan pembelajaran daring selama pandemi bukan
menjadi halangan bagi mereka untuk terus belajar.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 102