IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODA DARING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PAKET C DI SKB SIDOARJO
Abstract
Pembelajaran matematika melalui moda pembelajaran daring mengharuskan pendidik untuk menyiapkan perangkat pembelajaran, diantaranya menyiapkan bahan ajar atau materi yang dikemas dalam bentuk video, dan menyiapkan e-modul.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran matematika melalui moda daring dalam meningkatkan minat dan hasil belajar paket C di SKB Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Responden penelitian ini sebanyak 30 peserta didik paket C.Penelitian ini menggunakan angket untuk mengumpulkan data implementasi moda pembelajaran daring dan minat belajar, sedangkan dokumen untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika yang diambil dari nilai ujian modul.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan rumus mean.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran matematika melalui moda daring dan minat belajar peserta didik paket C masuk dalam kategori cukup tinggi.Terbukti dari hasil rata-rata 2,96 variabel moda pembelajaran daring di SKB Sidoarjo efektif untuk dilakukan, dan 2,83 pada variabel minat belajar peserta didik paket C dapat dikatakan berminat dengan adanya daring. Selain itu secara keseluruhan hasil belajar matematika menjukkan ketuntasan belajar sebesar 100%, hal tersebut dapat diartikan bahwa dari 30 peserta didik secara keseluruhan nilainya di atas KKM.
PDF Downloads: 58