IMPLEMENTASI KEGIATAN PARENTING “HOME ACTIVITIES” PADA KELOMPOK BERMAIN NUSA INDAH DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Fatwa Mega Annisa Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kebijakan pembelajaran daring wajib dilaksanakan oleh semua lembaga pendidikan, salah satunya yakni Kelompok Bermain Nusa Indah Desa Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Tujuan penelitian artikel yakni mendeskripsikan pentingnya program parenting Home Activities yang dapat dilakukan antara orangtua dan anak dirumah sebagai proses pembelajaran yang efektif di masa pandemi Covid-19. Metode penulisan ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif, dengan teknik wawancara mendalam pada orangtua dan tenaga pendidik yang senantiasa menerapkan protocol kesehatan saat wawancara berlangsung, serta pelacakan melalui data sekunder yang terdiri dari 17 jurnal dan buku yang relevan dengan pembahasan terkait parenting. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa melalui program parenting Home Activies yang dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19 bisa dilaksanakan dengan berbagai jenis kegiatan diantaranya: (1) Menata Kamar Sendiri; (2) Membantu Orangtua di Dapur; (3) Senam Bersama; (4) Dongeng Sebelum Tidur. Impelementasi kegiatan Home Activities dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Terdapat faktor pendukung diantaranya: (1) Respon positif dan antusias tinggi orangtua; (2) Tersusunya jadwal dan pembagian tugas dengan baik. Dan juga terdapat faktor penghambat yakni; (1) Ketidakhadiran orangtua; (2) Gangguan Sinya; (3) Orangtua yang tidak memperhatikan. Melalui kegiatan parenting Home Activities memudahkan orangtua dalam memberikan pembelajaran kepada anak, serta lebih mengetahui kegiatan yang bisa dilaksanakan dirumah antara orangtua dan anak di masa pandemic Covid-19.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 334
PDF Downloads: 149