PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR UNTUK ANAK DISLEKSIA DI SKB GUDO KABUPATEN JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang proses perencanaan, pelaksanaan, serta sarana prasarana yang tersedia sebagai penunjang pendampingan belajar. Penelitian ini dilangsungkan pada orang tua dari peserta didik kelas inklusi di SKB Gudo Kabupaten Jombang berjumlah 8 orang tua yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling dengan karakteristik memiliki anak berusia 14- 16 tahun dan sedang menempuh program kesetaraan paket B. Data- data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi yang diselenggarakan secara offline dengan mendatangi rumah orang tua. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Data penelitian yang telah terkumpul di uji keabsahannya menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Selanjutnya untuk mempermudah dalam memahami hasil dilakukan reduksi data, display data, verifikasi dan dibuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa mayoritas orang tua telah melaksanakan perannya sebagai pendamping belajar untuk anak disleksia, namun masih berjalan kurang intens. Hal ini terlihat dari perencanaan yang berjalan kurang baik, karena minimnya penetapan jadwal belajar serta kurangnya komunikasi yang dibangun antara orang tua dan tutor. Sedangkan pelaksanaan serta sarana prasarana yang diberikan orang tua pada anak telah berjalan baik sebagaimana mestinya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 166
,
PDF Downloads: 100




