IMPLEMENTASI METODE DRIIL AND PRACTICE DALAM MENINGKATKAN HAFALAN DOA DAN SURAT-SURAT PENDEK DI TPQ AR-ROHMAN

  • Heny Ika Trisdiana Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Proses menghafal dapat dilakukan dengan metode driil and practice, yang dinilai mampu memberikan kontribusi positif dalam membentuk pola pembiasaan secara kontinyu, dan meningkatkan kemampuan daya ingat para santri. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses belajar menghafal serta mengkaji faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode drii and practice. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan subjek pendidik dan tiga santri di TPQ AR-ROHMAN. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dan observasi partisipan. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari hasil wawancara dan data sekunder dari literature jurnal yang relevan terkait menghafal doa dan surat-surat pendek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode driil and practice mampu meningkatkan proses hafalan para santri, dan terbukti dengan adanya peningkatan yang signifikan,  bahwa santri yang awalnya mampu menghafal sampai surat at takasur kini para santri mampu menghafal sampai surat ‘Abasa. Adapun faktor pendukung dan penghambat yaitu sebagai berikut : a) faktor pendukung diantaranya: semangat yang tinggi dari para santri, faktor jasmani/kesehatan, serta pendidik yang kreatif, dan b) faktor penghambat diantaranya : Perbedaan kemampuan pemahaman membaca, dan faktor orang tua yang pasif. 

Published
2021-10-17
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 96