Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kejar Paket C di PKBM Ki Hajar Dewanatoro Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C; 2) menjelaskan peran apa saja yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C; 3) menjelaskan faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C; dan 4) menjelaskan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini diantaranya: 1) Motivasi belajar peserta didik berada di tingkat rendah; 2) peran-peran yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C yaitu melakukan perannya sebagai inofator, motivator, director, fasilitator dan evaluator; 3) Faktor pendukung untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik diantaranya: terletak di tempat yang mendukung, perhatian yang cukup besar dari masyarakat, pemerolehan dana dari masyarakat dan swadaya, penyelenggaraan program pelatihan keterampilan, dan komunikasi yang baik tutor dan peserta didik; 4) faktor penghambat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik diantaranya: alasan peserta didik yang tidak hadir dalam pembelajaran, cuaca yang tidak mendukung, dan kurang aktifnya TBM di PKBM Ki Hajar Dewantoro.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 193
,
PDF Downloads: 235




