Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kejar Paket C di PKBM Ki Hajar Dewanatoro Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C; 2) menjelaskan peran apa saja yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C; 3) menjelaskan faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C; dan 4) menjelaskan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini diantaranya: 1) Motivasi belajar peserta didik berada di tingkat rendah; 2) peran-peran yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program kejar paket C yaitu melakukan perannya sebagai inofator, motivator, director, fasilitator dan evaluator; 3) Faktor pendukung untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik diantaranya: terletak di tempat yang mendukung, perhatian yang cukup besar dari masyarakat, pemerolehan dana dari masyarakat dan swadaya, penyelenggaraan program pelatihan keterampilan, dan komunikasi yang baik tutor dan peserta didik; 4) faktor penghambat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik diantaranya: alasan peserta didik yang tidak hadir dalam pembelajaran, cuaca yang tidak mendukung, dan kurang aktifnya TBM di PKBM Ki Hajar Dewantoro.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)