MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PAUD SKB SIDOARJO

Authors

  • Melinda Nurma Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo Soedjarwo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Manajemen pembelajaran sangat penting kedudukannya dalam proses pembelajaran, apalagi di masa pandemi covid-19. Berbagai usaha dilakukan untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan pandemi saat ini. PAUD SKB Sidoarjo awalnya belum menerapkan video animasi saat pembelajaran daring. Manajemen pembelajaran berbasis video animasi sangat dibutuhkan dalam mengelola manajemen yang sesuai dengan situasi saat ini dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji  manajemen pembelajaran daring pada masa pandemi yang berfokus pada menganalisis pembelajaran pendidikan anak usia dini sebelum dan sesudah menggunakan video animasi dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan wawancara 4 orang pendidik. Teknik yang digunakan berupa mengamati pendidik saat pembelajaran dan wawancara pendidik. Hasil penelitian menujukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis video animasi pada masa pandemi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan video animasi cukup menyita perhatian anak didik yang membuat peserta didik tertarik dan munculnya motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Agustin, M. N., & Soedjarwo, S. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PAUD SKB SIDOARJO. J+PLUS UNESA, 11(1), 224–236. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/45696
Abstract views: 76 , PDF Downloads: 59

Most read articles by the same author(s)