PENGARUH KOMPETENSI TUTOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI PKBM HOMESCHOLING PENA SURABAYA

Authors

  • Siti Miftakhul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo Soedjarwo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui adakah pengaruh kompetensi tutor terhadap kreativitas belajar warga belajar kesetaraan paket C di PKBM Homeschooling Pena Surabaya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yakni berjumlah 60 warga belajar. Teknik pengumpulan data yakni dengan menggunakan angket yang telah diuji validitasnya dan disebar secara online. Sebelum data di analisis dilakukan uji normalitas yang hasilnya data berdistribusi normal. Analisis data menggunakan SPSS versi 25 yakni uji regresi linier sederhana serta uji T. Penelitian menunjukkan hasil nilai thitung (2,415) > ttabel  (1,670) dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kompetensi tutor secara signifikan berpengaruh terhadap kreativitas belajar warga belajar. Analisis koefisien determinasi (R Square) = 0,091 yang memiliki arti bahwa pengaruh kompetensi tutor terhadap kreativitas belajar adalah sebesar 9,1% dan 90,9% dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya faktor internal yang meliputi aspek fisiologis, aspek psikologis dan faktor eksternal meliputi lingkungan sosial dan lingkungan non sosial. Simpulannya bahwa kompetensi tutor berpengaruh terhadap kreativitas belajar warga belajar paket C di PKBM Homeschooling Pena Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Jannah, S. M., & Soedjarwo, S. (2022). PENGARUH KOMPETENSI TUTOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI PKBM HOMESCHOLING PENA SURABAYA. J+PLUS UNESA, 11(2), 379–385. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/47546
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 41

Most read articles by the same author(s)