Hubungan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Keaktifan Warga Belajar pada Program Kesetaraan Paket A di SKB Gudo Jombang
Abstract
Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan upaya yang dilakukan tutor untuk meningkatkan kualitas pembelajaran warga belajar. Model pembelajaran ini dapat membuat warga belajar aktif dalam membangun pengetahuan melalui peristiwa sehari-hari serta memahami konsep belajar yang riil. Selain itu, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat membantu tutor dalam mengatasi warga belajar yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Adanya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan keaktifan warga belajar pada program kesetaraan paket A di SKB Gudo Jombang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis data korelasi product moment. Subjek penelitian ini berjumah 30 responden yang mengikuti program kesetaraan paket A di SKB Gudo Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket pada presonden dengan pengukuran skor angket menggunakan skala likert. Hasil analisis hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan keaktifan warga belajar didapatkan tingkat koefisiensi korelasi sebesar 0,709 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan keaktifan warga belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

