MANAJEMEN PROGRAM LEADERSHIP KELOMPOK BERMAIN DI SEKOLAH ALAM AL ‘IZZAH KRIAN SIDOARJO

  • Dela Ismi Ulvania Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Indonesia kini sedang menghadapi sebuahpermasalahan yang serius yaitu krisis kepemimpinan. Banyaknya perilaku menyimpang telah berada dalam taraf memprihatinkan. Bila hal itu dibiarkan dapat memberikan dampak buruk seperti merubah kepribadian dan jati diri pada anak. Setiap anak memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin.Sehingga keterampilan dan juga karakter kepemimpinan perlu dimiliki oleh anak sejak dini sebagai dasar yang kokoh untuk mewujudkan mimpi mereka serta tujuan hidupnya. Rasa kepemimpinan yang dimiliki anak dapat melatih rasa tanggung jawab dan disiplin yang sangat bermanfaat untuk masa depan anak itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen yang meliputi perencanaan yaitu kurikulum, pelaksanaan, serta penilaian program leadership kelompok bermain di Sekolah Alam Al ‘Izzah Krian Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi manajemen program leadership sudah terlaksana dengan baik sesuai denganperkembangan anak usia 3-5 tahun. Hal ini dibuktikan dengan perubahan sikap pada anak ketika mereka berada dirumah seperti menjadi lebih mandiri, bertanggungjawab, dan disiplin. Sedangkan secara akademis anak sudah bisa hafal surat-surat pendek Al-Quran dan hadist-hadist serta doa hendak melakukan sesuatu.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 70