PENGARUH KOMUNIKASI TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B

  • Nur Afiatur Rochmah Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring berdampak pada penurunan konsentrasi beberapa warga
belajar Paket B di UPTD SPNF SKB Sidoarjo dalam mengikuti pembelajaran
sehingga mengalami penurunan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pengaruh komunikasi tutor terhadap motivasi belajar warga belajar
pendidikan kesetaraan Paket B UPTD SPNF SKB Sidoarjo. Metode yang
digunakan adalah deskriptif kuantitaif, sampel berjumlah 24 warga belajar.
Pengumpulan data menggunakan angket berskala likert. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan Y = 14.103 + 1.079 X. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai
Fhitung > Ftabel yaitu 9,6 > 4,0. Artinya komunikasi tutor yang efektif
berpengaruh terhadap motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket
B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar warga
belajar Paket B dipengaruhi oleh komunikasi tutor yang efektif, sehingga semakin
efektif komunikasi tutor dengan peserta didik, maka semakin tinggi motivasi belajar
warga belajar Paket B UPTD SPNF SKB Sidoarjo.

Published
2021-07-29