PERAN TUTOR DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA KELAS INKLUSI PENDIDIKAN KESETARAAN DI SKB GUDO JOMBANG
Abstract
Kedisiplinan salah satu nilai karakter yang sangat penting mengingat masih terdapat peserta didik yang belum taat dan tertib. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peran tutor dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik, dan mengkaji kendala tutor selama menanamkan kedisiplinan peserta didik kelas inklusi pendidikan kesetaraan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari kepala SKB, tiga tutor, tiga orang tua atau wali dan peserta didik di kelas inklusi. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data penelitian di uji keabsahannya melalui uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Analisis data, yaitu data collection, reduction, data display, verifikasi data, dan conclusion. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) pendidik memberikan contoh dari sikap dan perilaku yang diterapkan tutor selama di sekolah. 2) pembimbing memberi bantuan kepada peserta didik yang kesulitan belajar maupun kepribadian, 3) penasihat memberikan nasihat dan solusi pada masalah yang dihadapi peserta didik. Kedisiplinan peserta didik meliputi a) disiplin waktu, datang dan pulang sudah tepat waktu, dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik, b) disiplin perilaku, tidak melanggar peraturan, serta selalu rukun dengan teman dan jika berselisih segera damai.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)