PENGARUH KOMPTENSI PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI UPT SKB GRESIK

  • Dinda Arifa Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Siswanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi pedagogik tutor dengan pengelolaan pembelajaran pada program kesetaraan paket C di UPT SKB Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 30 tutor dan pamong program kesetaraan paket C di UPT SKB Gresik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Angket yang disebarkan adalah angket tertutup melalui google form. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, uji T dan analisis determinasi. Pada hasil uji T nilai siginifikasi yang diperoleh pada kolom Kompetensi Pedagogik angka signifikasi yang ditujukkan yaitu 0,000 < 0,05.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji hipotesis ini dinyatakan bahwa variabel kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap variabel pengelolaan pembelajaran secara signifikan. Sedangkan hasil uji analisis determinasi menunjukkan nilai determinasi yaitu 90,1%. Artinya, kompetensi pedagogik tutor mempengaruhi pengelolaan pembelajaraan sebesar 90,1%. Serta dalam hasil analisis regresi linier sederhana nilai koefisien regresi (kompetensi pedagogik) sebesar 0,726. Arah pengaruh variabel kompetensi pedagogik terhadap pengelolaan pembelajaran bersifat positif. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik tutor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengelolaan pembelajaran program kesetaraan paket C di UPT SKB Gresik.

Published
2022-06-22
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 57