PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI MUSIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah pendidikan seni musik di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk membuat sebuah produk media pembelajaran dalam bentuk Software bagi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Model yang digunakan adalah model Rowntree dikarenakan berorientasi pada produk, khususnya untuk memproduksi media pembelajaran berupa multimedia interaktif. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) Perencanaan (Planning); b) Pengembangan (Development); c) Evaluasi (Evaluation). Adapun teknik pengambilan data mengunakan wawancara, angket, dan tes, teknik analisis data mengunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan validasi bahasa tergolong dengan kategori diperoleh nilai rata-rata 4,5 yang berarti cukup valid. Hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh nilai rata- rata 4,5 dengan kriteria sangat valid. Ahli media di atas diperoleh nilai rata-rata 4,5 dengan kriteria sangat valid, dan pada tes kelompok kecil didapatkan nilai 81,11. Secara keseluruhan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket dari tim ahli dan test kelompok kecil, bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada Matakuliah Pendidikan Seni Musik di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau dapat dikatakan valid praktis.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Sendratasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PDF Downloads: 304