PENGEMBANGAN MINAT TARI MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMPN 1 MOJOKERTO
Abstract
Ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan diri di luar jam pembelajaran siswa sebagai upaya pembentukan karakter. Kegiatan ekstrakurikuler tari juga dilaksanakan sebagai wadah yang disediakan oleh SMP Negeri 1 Mojokerto untuk menyalurkan bakat, minat, hobi dan kreatifitas peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan minat seni tari melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Mojokerto. Dalam proses pembelajaran, salah satu hal yang penting adanya minat pada individu siswa. Dengan adanya minat, siswa akan tertarik terhadap segala bentuk yang ada di dalam proses pembelajaran itu sendiri, sehingga siswa mudah memahami apa yang sedang dipelajari.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner), observasi, wawancara serta dokumentasi dengan teknik analisis data melalui 3 tahapan yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Dalam penerapannya, peneliti menggunakan 4 indikator sebagai upaya mengukur tingkat minat siswa, diantaranya (1) Perhatian, (2) Perasaan Senang, (3) Kesadaran Belajar dan (4) Aktivitas Belajar. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa penerapan metode behavoristik sangatlah efektif. Hal tersebut didukung oleh kenyataan bahwa minat peserta didik mengalami peningkatan berkategori tinggi. Pernyataan tersebut berdasarkan perbandingan hasil angket (kuesioner) tahap pretest yang berkategori rendah, kemudian pada tahap postest berkategori tinggi. Dapat ditunjukkan bahwa pada postest siswa memperoleh skor rata-rata 84,2 berkategori tinggi.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Tari, Pengembangan Minat Tari.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Sendratasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PDF Downloads: 737