PEMBELAJARAN LAGU DAERAH MENGGUNAKAN INSTRUMEN PIANIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMUSIK ANAK AUTIS
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p1-16Keywords:
pembelajaran, lagu daerah, anak autisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan manfaat pembelajaran lagu daerah menggunakan instrumen pianika untuk meningkatkan keterampilan bermusik anak autis di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, memakai teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan dan wawancara terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik seni budaya dan peserta didik autis kelas 3C. Objek dalam penelitian adalah proses pembelajaran lagu daerah menggunakan instrumen pianika. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi penyidik. Metode praktek terbimbing diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, sehingga peserta didik benar-benar memperoleh pendampingan pembelajaran dari awal sampai akhir. Materi pembelajaran menggunakan lagu daerah Gundul Pacul dan Gambang Suling dengan tahapan: pengenalan instrumen pianika, teknik bermain pianika, lagu yang akan dimainkan, menyanyikan lirik lagu, pengenalan notasi angka, memainkan lagu daerah menggunakan pianika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam edukasi bermusik, sikap displin, sikap keberanian dan percaya diri pada hasil kegiatan evaluasi pendidik, dan sebagai terapi tingkah laku.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

