Penerapan Metode Demonstrasi dan Metode Latihan (Drill) Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di MAN 2 Kota Madiun

Penerapan Metode Demonstrasi dan Metode Latihan (Drill) Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di MAN 2 Kota Madiun

Authors

  • Septian Indrawan Putra Prodi Pendidikan Sendratasik UNESA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p132%20-149

Keywords:

paduan suara, pembelajaran, metode latihan

Abstract

Sitompul (1986:1) mengatakan bahwa paduan suara merupakan himpunan dari sejumlah penyanyi yang dikelompokkan menurut jenis suaranya. Teori lain menyebutkan bahwa paduan suara merupakan suatu vokal yang dalam penampilannya berbagai menjadi beberapa jalur suara, masing-masing suara sopran, alto, tenor dan bas (Boneo, 2003:320). Dari kedua definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa paduan suara merupakan seni vokal yang memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan seni vokal yang lainnya seperti solo dan duet yang umum di kalangan masyarakat. Keunikan tersebut yang menjadikan paduan suara dapat masuk ke dalam dunia pendidikan, khususnya pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler untuk mewadahi peserta didik yang memiliki minat dibidang seni tarik suara.  Seperti hal nya Pasunda Hepta Nada yang merupakan kelompok paduan suara MAN 2 Kota Madiun yang bergerak dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya yang dilakukan MAN 2 Kota Madiun dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi peserta didik yang memiliki minat di bidang tarik suara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, serta penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode latihan yang digunakan pada pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di MAN 2 Kota Madiun, untuk kemudian akan dideskripsikan mengenai hasil belajar yang dicapai peserta didik setelah melakukan kedua metode latihan pada saat melakukan proses latihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

advertorial. (2017, September 7). Paduan Suara, Wadahnya Pembentukan Karakter Remaja. CNN Indonesia.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Kanisius.

Fatoni. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KERJA SAMA DAN HASIL BEALAJAR IPS SISWA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/download/1179/822/2697

Hariono, A. (2006). Metode Melatih Fisik Pencak Silat. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hernandhes, C. M. (2018). Metode Latihan Paduan Suara Golden Universitas Trunojoyo Madura (Skripsi). Universitas Negeri Surabaya.

Krisna, D., Putro, S., Dharmawanputra, B., Pd, S., & Pd, M. (2016). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 1 NGAWI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 4(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/16710

Lamsor, J. (2011, November 24). Teknik Nyanyian. Blogspot.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Qonita, N. (2023a). METODE LATIHAN LAGU MEDLEY NUSANTARA PADA PADUAN SUARA GITA BAHANA JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46434

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Rustin, E., Ekasari, R., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/download/9519/4327/30735#:~:text=Pendapat%20lain%20oleh%20Rusmono%20(2017,beberapa%20sumber%20serta%20lingkungan%20belajar.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sasmitowati, U. (2020). Implementation of The Demonstration Method in Science Learning. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3). https://jurnal.uns.ac.id/shes

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Soewito, M. (1996). Teknik Termudah Belajar Musik Vokal. Titik Terang.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Suwandi, A. dkk. (2022). PERANAN DAN KENDALA PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Penelitian, 02(10). https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/1312/1022#:~:text=Menurut%20Pius%20Abdillah%20dan%20Danu,mencapai%20sasaran%3B%20rintangan%2C%20halangan.

Tahir, T. (2019). Pelaksanaan Pengembangan Diri Peserta Didik dalam Ranah Afektif Melalui Kegiatan Keagamaan di MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus [IAIN Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/4126/5/5.%20BAB%20II.pdf

Published

2023-07-24

How to Cite

Putra, S. I. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi dan Metode Latihan (Drill) Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di MAN 2 Kota Madiun: Penerapan Metode Demonstrasi dan Metode Latihan (Drill) Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di MAN 2 Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 13(1), 132–149. https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p132 -149

Issue

Section

Articles
Abstract views: 169

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.