MULTI TALENT SCHOOL SEBAGAI PROGRAM PENGEMBANGAN MINAT & BAKAT SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 & 2 TAMAN SIDOARJO
Studi Kasus Pada Kelas Bakat Orkestra
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p259-275Keywords:
Multi Talent School, Kelas Bakat, Pengembangan Bakat dan MinatAbstract
Setiap anak pasti memiliki kecerdasan masing-masing yang unik dan beragam. Pernyataan ini membuat SD Muhammadiyah 1 dan 2 Taman membentuk program Multi Talent School sebagai pengembangan dari program ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa secara spesifik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Multi Talent School serta dampaknya terhadap pengembangan minat dan bakat siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 1 dan 2 Taman pada objek program Multi Talent School dengan studi kasus pada jenis kelas bakat orkestra di bidang bakat seni. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumen. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Multi Talent School dilaksanakan dengan tahapan analisis kecerdasan siswa, penentuan jenis kelas bakat, penyusunan jadwal dan ruang kelas bakat, penyusunan kerangka materi pembelajaran kelas bakat, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Implementasi teori yang dipelajari dengan praktek pada kegiatan pembelajaran di kelas bakat mendukung siswa memaknai materi melalui pengalaman belajar yang relevan dan menyenangkan sehingga memunculkan rasa nyaman serta menstimulus antusiasme dan konsistensi minat belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

