METODE LATIHAN LAGU MEDLEY NUSANTARA PADA PADUAN SUARA GITA BAHANA JAWA TIMUR

  • Narindra Qonita Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Metode latihan, Paduan suara, Lagu Medley Nusantara

Abstract

Lagu Medley Nusantara merupakan salah satu lagu yang dibawakan oleh paduan suara Gita Bahana Jawa Timur (GBJT) dalam kegiatan Upacara Peringatan HUT RI ke-76 yang dilaksanakan di masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis metode latihan dan mengkaji hasil metode latihan Lagu Medley Nusantara pada paduan suara GBJT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan latihan dilaksanakan secara daring dan luring. Pelatih menerapkan metode latihan belajar jarak jauh, tutor sebaya, demonstrasi, dan latihan (drill) untuk menguasai materi. Penerapan beberapa metode latihan tersebut efektif dan efisien dalam rangka penguasaan materi Lagu Medley Nusantara. Paduan suara GBJT berhasil menguasai materi lagu dalam waktu singkat dan berhasil menyajikannya dengan baik. Chorister memperoleh pengalaman dan perkembangan aspek afektif, kognitif dan psikomotor selama menjalani proses latihan secara disiplin dan berkelanjutan.

References

Amelani, Lia Rovi. (2019). Pembelajaran Musik Keroncong Pada Komunitas Keroncong Anak Jombang. Surabaya: UNESA. (Vol 08, No. 1, 2020). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/32203 (Diakses 10 September 2021).
Arifin, Ramadhan dan Herita Warni. (2018). Metode Latihan Kelincahan Sepak Bola. Banjarbaru: Universitas Lambung Mangkurat (Vol 17, No. 2, 2018). http://eprints.ulm.ac.id/5944/1/JURNAL%20RAMADHAN%202018.pdf (Diakses 13 April 2022).
Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Daring (Def. 2). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/ (Diakses 3 Oktober 2021).
Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Luring (Def. 1). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/ (Diakses 3 Oktober 2021).
Banoe, Pono. (2007). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwifalah, Anita. (2020). Metode Pembelajaran Lagu Bubuy Bulan Pada Paduan Suara Symphony of Smansasoo SMAN 1 Sooko Mojokerto. Surabaya: UNESA.
Fahlafi R.F., Kurnita, T., Fitri, A. (2016). Penyajian Musik Iringan Tari Likok Pulo di Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh: UNSYIAH. (Vol 1, No, 4, 2016). file:///C:/Users/aspir/Downloads/5353-10603-1-PB.pdf (Diakses 10 Mei 2022).
Gunarno, Supali. (2021). Metode Pembelajaran Paduan Suara One Voice SMP Negeri 1 Surabaya Dalam Rangka Karangturi International Choir Competition 2019. Surabaya: UNESA. (Vol 10, No. 2, 2021). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/39067 (Diakses 26 September 2021).
Kahfi, Ashabul. (2020). Tantangan dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Tangerang: STAI Binamadani. (Vol 03, No. 2, 2020). https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/194/160 (Diakses 2 Maret 2022).
Listya, Agastya Rama. (2017). A-Z Direksi Paduan Suara. Jakarta: Yayasan Musik Gereja.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mahdi, Adnan dan Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Masitoh dan Dewi, Laksmi, 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Prier, Karl-Edmund. (2014). Kamus Musik. Yogyakarta: Percetakan Rejeki Yogyakarta.
____, Karl-Edmund. (2019). Menjadi Dirigen II. Yogyakarta: Percetakan Rejeki Yogyakarta.
____, Karl-Edmund. (2019). Menjadi Dirigen III. Yogyakarta: Percetakan Rejeki Yogyakarta.
Putri, Debora Wati. (2017). Metode Latihan Paduan Suara Smasa Choir Blitar Dalam Rangka Lomba Paduan Suara Universitas Airlangga 2018. Surabaya: UNESA. (Vol 6, No. 1, 2017). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/19564/baca-artikel (Diakses 10 Oktober 2021).
Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu. Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, Rennita Anjar. (2017). Metode Latihan Paduan Suara Pada Sensix Choir SMP Negeri 6 Surabaya. Surabaya: UNESA. (Vol 5, No. 1, 2017). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/19564/baca-artikel (Diakses 9 Oktober 2021).
Sitinjak, Della Yosephine. (2021). Bentuk Penyajian Lagu “Arbab” Karya Bonar Gultom Oleh Paduan Suara NHKBP Sidorame Medan. Surabaya: UNESA. (Vol 2, No. 1, 2021). https://journal.unesa.ac.id/index.php/Repertoar/article/view/14178/6023 (Diakses 13 April 2022).
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin, Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Published
2022-06-24
How to Cite
Qonita, N. (2022). METODE LATIHAN LAGU MEDLEY NUSANTARA PADA PADUAN SUARA GITA BAHANA JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 76-92. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46434
Section
Articles
Abstract Views: 279
PDF Downloads: 1683