PENGEMBANGAN BUKU AJAR PANTOMIM BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DALAM BENTUK POP UP
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p274-291Keywords:
Buku Ajar, Pantomime, Augmented Reality, Pop Up.Abstract
Pengembangan buku ajar pantomime berbasis augmented reality (AR) dalam bentuk pop up ini dibuat sebagai referesi dan penunjang dalam pembelajaran untuk menumbuhkan ketertarikan siswa dalam belajar pantomime. Di sekolah dasar khususnya, masih kekurangan buku panduan dan teknik dalam bermain pantomime, buku yang ada hanya sebatas definisi dan penjelasan pantomime secara umum. Tujuan dalam penelitian ini yakni mendeskripsikan kualitas dari segi produk buku ajar pantomime berbasis augmented reality (AR) dalam bentuk pop up dan mendeskripsikan kualitas dari segi penggunaan buku ajar pantomime berbasis augmented reality (AR) dalam bentuk pop up dalam pelatihan olah tubuh pada pantomime. Metode pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D (1) yang telah dimodifikasi menjadi 3D diadaptasi dari (2) meliputi: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Sampel penelitian yakni 31 siswa. Teknik pengmupulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas buku ajar pantomime berbasis AR dalam bentuk pop up dari segi produk dinilai oleh masing-masing validator, hasil pada kelayakan materi dengan kategori sangat layak, pada kelayakan desain/kegrafikaan dengan kategori layak, dan dalam kelayakan media dengan kategori sangat layak. Sementara itu, hasil kualitas buku ajar pantomime berbasis augmented reality (AR) dalam bentuk pop up dari segi pengguaanya diperoleh bahwa dapat dilihat dari hasil analisis responsden pengguna buku yaitu guru dan siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

