PEMBELAJARAN VOCAL BAGI SISWA TUNA NETRA DI SLB NEGERI SEDURI MOJOSARI PADA MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Dalam penelitian ini fokus yang diteliti adalah bagaimana pembelajaran musik yang diterapkan bagi siswa tuna netra serta kendala yang dihadapi dalam pembelajaran di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang datanya diperoleh dari wawancara dan studi buku. Hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dilakukan secara 50% dalam jaringan dan 50% luar jaringan. Penggunaan metode imitasi dalam pemberian materi serta pembelajaran dilakukan dengan penggabungan semua kelas tuna netra yakni kelas 3, 5, 6 SD dan 8 SMP dengan jumlah siswa sebanyak 4 orang. Kendala yang dihadapi saat masa pandemic adalah jaringan yang menyebabkan kurang optimalnya mekanisme pembelajaran.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sendratasik
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)