PRESEPSI SISWA TATA BOGA TERHADAP PEMBELAJARAN PADA ERA NEW NORMAL COVID-19 DI SMKN 1 LAMONGAN

Main Article Content

Dessy Riyana Wati
Mauren Gita Miranti
Suhartiningsih Suhartiningsih
Niken Purwidiani

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran untuk dilakukan penyesuaian dengan kondisi tersebut, Kemendikbud telah menerbitkan surat edaran Nomor 15 Tahun 2020 mengenai teknis pembelajaran dalam kondisi pandemi atau era new normal yang mencakup pembelajaran secara daring dan luring dengan proporsi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presepsi siswa SMK Tata Boga terhadap pembelajaran era new normal yang meliputi aspek pengalaman belajar, keterampilan guru dalam mengajar, sarana prasarana, serta kondisi psikologis siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik proportional stratified random sampling. Populasi penelitian terdiri dari kelas X, XI, dan XII dengan total siswa sebanyak 179 sedangkan untuk sampel penelitian sebanyak 64 siswa. Instumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert yang disebar melalui link google form dan untuk mengolah data penelitian menggunakan teknik TCR (tingkat capaian responden). Hasil penelitian secara keseluruhan yang dihitung dengan teknik TCR mendapat nilai sebesar 67,58%, dan berada pada kriteria baik, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran era new normal yang dilakukan di salah satu SMK berjalan dengan baik. Penelitian ini memberikan manfaat kedepannya agar menjadi pertimbangan dalam membangun suatu sistem, kurikulum yang lebih baik.

Article Details

Section
Articles