PENGEMBANGAN BUKU AJAR ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA DENGAN PENDEKATAN ANDRAGOGI

Main Article Content

Mauren Gita Miranti
Luthfiyah Nurlaela
Arita Puspitorini

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil studi terdahulu, mahasiswa merasa kesulitan dalam mendapatkan buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dalam matakuliah ilmu kesejahteraan keluarga, dan ini menyulitkan mahasiswa dalam memahami materi yang ada. Kondisi ini dapat menghambat pencapaian belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahu kelayakan buku ajar IKK dengan pendekatan andragogi hasil pengembangan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model desain ADDIE. Implementasi dilakukan pada mahasiswa jurusan PKK sebanyak 230 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan instrumen angket untuk menilaiĀ  respon pengguna dan tes untuk menilai ketercapaian kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kondisi awal mahasiswa terhadap materi ajar Ilmu Kesejahteraan Keluarga adalah rendah; 2) hasil validasi ahli materi yang ditinjau dari kelayakan isi buku, dan kebahasaan buku menunjukan sudah baik dengan nilai 86,4, namun memiliki aspek penyajian layout buku yang kurang, yaitu 74,2%; dan 3) berdasarkan hasil uji pengguna memiliki nilai 89,6 yang berarti sudah baik. Hal ini mengimplikasikan bahwa buku ajar hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

Section
Articles