KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA SUB KOMPETENSI PEGERITINGAN RAMBUT TEKNIK DASAR SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN RAMBUT

Authors

  • AZIZAH AULIA P
  • MUTIMMATUL FAIDAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v8n1.p%25p

Abstract

KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA SUB KOMPETENSI PEGERITINGAN RAMBUT TEKNIK DASAR SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN RAMBUT Azizah Aulia PrisantiMahasiswa S1 Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabayaazizahaulia@ymail.com Dr. Mutimmatul Faidah, S.Ag., M.AgPendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabayamutimmatulfaidah@unesa.ac.id
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran powtoon pada sub kompetensi pengeritingan rambut teknik dasar siswa kelas XI tata kecantikan rambut. Jenis penelitian adalah penlitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data angket. Analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukan penilaian media termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 3,8 aspek yang dinilai pada mediapowtoon antara lain penilaian terhadap keterangan teks, tempo atau kecepatan penyampaian materi, kualitas gambar, pencahayaan, keseuaian media powtoon dengan isi materi, kesesuaian dalam menjelaskan alat dan bahan, kesesuaian isi media powtoon membantu siswa memahami materi, keseuaian media powtoon terhadap pemahaman siswa tentang cara pengeritingan. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media powtoon dapat terlaksana dengan baik.
Kata kunci: media pembelajaran powtoon, kuantitatif, Pengeritingan Rambut Dasar

Abstract: This study aims to determine the feasibility of powtoon learning media in the sub competency of hair curling basic techniques of grade XI hairstyling students. This type of research is quantitative research. The method of collecting data uses questionnaire data. Data analysis uses the average formula and percentage.
The results showed that the assessment of the media included in the excellent category with an average of 3.8 aspects assessed in mediapowtoon, including an assessment of the text description, tempo or speed of material delivery, image quality, lighting, Powtoon media compatibility with material content, suitability in explaining tools and materials, the suitability of powtoon media content helps students understand the material, the powtoon medias compatibility with students understanding of how to curl. Thus learning using powtoon media can be done well.
Keywords: Powtoon learning media, Quantitavtive , Basic Hair Curling

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-10

How to Cite

AULIA P, A., & FAIDAH, M. (2019). KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA SUB KOMPETENSI PEGERITINGAN RAMBUT TEKNIK DASAR SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN RAMBUT. Jurnal Tata Rias, 8(1). https://doi.org/10.26740/jtr.v8n1.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 116 , PDF Downloads: 856