PENGARUH MEREK DAN KWALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAB SHAMPO PADA KONSUMEN WANITA BERHIJAB

Main Article Content

Diah Ayu Aghisna Farah
MUTIMMATUL FAIDAH

Abstract

Abstrak

Sampo merupakan kosmetika perawatan rambut yang harus dimiliki wanita. Dalam membuat atribut produk khususnya shampo, industri menyesuaikan dengan keadaan pasar. Oleh karena itu perusahaan membuat produk shampo khusus yang disesuaikan dengan keinginan wanita berhijab disertai atribut produk dengan komponen merek, kwalitas produk, desain kemasan, harga dan labelisasi halal yang menarik minat konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh merek dalam atribut produk terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab 2) Mengetahui pengaruh kwalitas produk dalam atribut produk terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab

Jenis penelitian Kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 sampel dari mahasiswi S-1 Pendidikan Tata Rias angkatan 2017 yang merupakan konsumen wanita berhijab. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t yang dibantu dengan program spss 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek memiliki hubungan positif dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab, sementara kwalitas produk memiliki hubungan positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo.

Kata kunci: atribut produk, label halal, keputusan pembelian, hijab shampo

Abstract

Shampoo is hair care cosmetics that every women must have. In making product attributes, especially shampoo, the industry adjusts to the market conditions. Therefore, companies make special shampoo products adjusted to the wish of hijab women accompanied by product attributes in the form of brand, product quality, packaging design, price, and halal labeling that attract consumers to determine their purchasing decisions.This study aims to 1) knowing the effect of brand in the product attributes on purchasing decisions on hijab shampoo products for hijab women consumers 2) knowing the effect of quality product in the product attributes on purchasing decisions on hijab shampoo products for hijab women consumers

Quantitative research types. Data collection uses research instruments, data analysis is quantitative / statistical in order to test the hypotheses that have been set. This study took 50 samples from students of Cosmetology Education class of 2017 which as hijab women consumers. Data analysis techniques using multiple linear regression. Hypothesis testing uses the t test which are assisted by the SPSS 16 program.The results showed that the brand design have a positive relationship and has an significant effect on purchasing decisions of hijab shampoo products, while product quality have a positive relationship but do not have a significant effect on purchasing decisions of hijab shampo product.

Keywords: product attributes, halal label, purchasing decision, hijab shampoo






Article Details

Section
Articles