PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA KOMPETENSI DASAR PERAWATAN KULIT WAJAH SECARA MANUAL DI SMK NEGERI 3 KEDIRI

Main Article Content

Emy Astutik
Suhartiningsih Suhartiningsih
Arita Puspitorini
Dindy Megasari

Abstract

Model pembelajarannlangsung (Direct Instruction) merupakan model pembelajarann untuk menunjanggproses belajar mengajar yang berkaitan dengan pengetahuanndan keterampilan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksaan sintaks, 2) aktivitas siswa, 3) hasil kompetensi siswa, 4) respon siswa.


Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimental design dengan desain One GruppPretest-PosttesttDesign. Sasaran penelitian ini adalah 36 siswa sekolah kecantikan Kelas X SMK Negeri 3 Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan kuesioner.Analisissdataayang digunakan yaitu rumus uji-t dan presentase.


Hasil penelitiannmenunjukkan 1) Implementasi sintaksis dua sesi telah meningkat sebesar 0,30, dengan skor rata-rata 3,61 menjadi 3,91 dengan kategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua mencapai persentase rata-rata 91,7% dan 98,7% dengan kategori sangat baik. 3) Hasil kompetensi siswa dalam ranah kognitif dicatat dengan skor rata-rata pada pretest 59,64 dan post-test 87,5. Dalam domain psikomotorik, nilai rata-rata dalam pre-test adalah 57.981 dan pada post-test 96.011. Uji-t dalam domain kognitif mendapat skor 27.074, sedangkan dalam domain psikomotor adalah 25.019 dengan tingkat signifikan 0,000.00.05, sehingga skor keterampilan siswa adalah perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah tes. 4) Hasil keseluruhan Respon siswa adalah 98,6%, kategorinya baik.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction), Perawatan Kulit Wajah secara Manual.

Article Details

Section
Articles