FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA RIAS PENGANTIN DI KABUPATEN BANYUWANGI

Main Article Content

Pitaloka Nanda Mustika
Dewi Lutfiati
Sri Dwiyanti
Arita Puspitorini

Abstract

Abstrak
Indonesia terdiri dari berbagai suku, hal ini membuat Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Indonesia
mempunyai banyak kabupaten salah satunya ialah Banyuwangi yang memiliki budaya dan tradisi yang sangat
banyak. Tata rias pengantin di Banyuwangi juga berkembang sangat pesat. Banyak jasa rias pengantin menawarkan
berbagai macam pelayanan dengan ciri khas dan keunggulan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk
menentukan faktor pribadi, faktor budaya, faktor sosial serta faktor psikologis yang mempengaruhi minat konsumen
dalam menentukan jasa rias pengantin di daerah Banyuwangi. Metode penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif.
Metode pengumpulan data yang diterapkan ialah angket serta wawancara. Instrumen penelitian berupa angket yang
disebarkan melalui googleform yang ditujukan kepada 68 responden dan wawancara yang dilakukan kepada perias
senior dan salah satu perias terkenal yang ada di kabupaten Banyuwangi. Teknik analisis data menggunakan
presentase. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dilihat bahwa bahwa faktor pribadi berpengaruh terhadap minat
konsumen dalam memilih jasa rias pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 83,82% pada unsur gaya hidup,
faktor budaya dengan jawaban tertinggi sebesar 65,44% pada unsur agama, faktor sosial dengan jawaban tertinggi
sebesar 87,51% pada unsur keluarga dan faktor psikologis menjadi faktor yang paling berpengaruh dengan jawaban
tertinggi sebesar 92,64% pada unsur motivasi. Dilihat dari hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa semua faktor
tersebut mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin di kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci : Minat Konsumen, Jasa Rias Pengantin, Kabupaten Banyuwangi

Article Details

Section
Articles