PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEWARNAAN RAMBUT SINGLE APLIKASI BAGI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 JOMBANG

Main Article Content

Nabila Dwi Wahyuni
mutimmatul Faidah
Arita Puspitorini
Dindy Sinta Megasari

Abstract

KBM berdasarkan pengamatan pada mata pelajaran pewarnaan rambut diketahui masih banyak siswa yang
nilai rata-ratanya dibawah KKM yaitu <75%. Penggunaan mode pembelajaran yang kurang tepat menjadi
penyebabnya, media pembelajaran video sebagai inovasi pada proses pembelajaran belum diterapkan di
kelas. Model pembelajaran yang akan diberikan ialah Problem Based Learning. Tujuan penelitian untuk
mengetahui prosedur pengembangan media video tutorial materi pewarnaan rambut single aplikasi,
memperoleh hasil uji kelayakan media pembelajaran video tutorial pada praktek pewarnaan rambut single
aplikasi, mendapatkan hasil belajar siswa setelah memakai media pembelajaran video tutorial pada
pewarnaan rambut single aplikasi dan melihat respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran
video tutorial dalam praktik pewarnaan rambut single aplikasi di kelas. Jenis penelitian yang digunakan
ialah “Research and Development (R&D)”. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI TKK
sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI TTKR 2 dengan jumlah 33 siswa dan teknik sampling
yang digunakan yaitu jenuh atau sensus. Instrumen penelitian meliputi : 1) lembar kelayakan media berisi
3 aspek meliputi aspek materi, media dan; 2) lembar tes yang berisi 20 soal; dan 3) lembar angket. Teknik
analisis data meliputi : 1) analisis kelayakan media menggunakan presentase; 2) uji normalitas; 3) uji One
Simple T Test; dan 4) analisis angket siswa menggunakan presentase. Hasil penelitian diperoleh : 1)
prosedur pengembangan yang digunakan berupa R&D menggunakan perangkat 4-D sangat tepat; 2) video
tutorial berkategori sangat layak digunakan untuk pengembangan dalam media pembelajaran serta kegiatan
belajar mengajar dengan hasil rata-rata 89%; 3) pembelajaran pewarnaan single aplikasi hasil belajar
seluruh siswa mencapai KKM dengan rata-rata nilai akhir sebesar 89% dalam ranah kognitif dan 83% dalam
ranah psikomotor; 4) respon siswa menunjukkan hasil rata-rata 95% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : Pengembangan, Video Tutorial, Pewarnaan Rambut Single Aplikasi

Article Details

Section
Articles