PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KOMPETENSI DASAR PENGERITINGAN RAMBUT DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI SMK NEGERI 3 KEDIRI

  • Indah Inayati
  • Nia Kusstianti
  • Dewi Lutfiati
  • Nieke andina wijaya
  • Nieke andina wijaya

Abstract

Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara kepada guru serta observasi di SMK Negeri 3
Kediri ditemukan hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM di kompetensi dasar pengeritingan
rambut dasar. Penelitian ini memiliki guna memastikan media pembelajaran sudah layak, sintaks model PBL
bisa diterapkan, serta hasil belajar dan respon siswa bisa ditingkatkan. Jenis penelitian yang digunakan ialah
“Pre-Experimental Design” dengan rancangan “One Group Pretest and Posttest” menggunakan sampel 32
murid kelas XI TKKR SMK Negeri 3 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan: (1) skor 4,61 validitas
kelayakan media pembelajaran berbasis video dinilai sangat baik, (2) nilai 3,58 pada kelaksanaan sintaks
model PBL di kompetensi dasar pengeritingan rambut didapatkan sangat baik, (3) hasil belajar siswa dalam
ranah kognitif mengalami peningkatan dimana nilai tertinggi yang didapat adalah 96 dan nila terendah adalah
75, (4) respon siswa memperlihatkan persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: Problem Based Learning, pengeritingan rambut dasar

Published
2024-01-16
How to Cite
Inayati, I., Kusstianti, N., Lutfiati, D., wijaya, N., & wijaya, N. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KOMPETENSI DASAR PENGERITINGAN RAMBUT DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI SMK NEGERI 3 KEDIRI. Jurnal Tata Rias, 13(1), 29-37. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/58853
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 48