PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS BLOG PADA MATERI HAND SPA TREATMENT TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT SMK PGRI WLINGI

Authors

  • Zahra Natasya Indra
  • Maspiyah Maspiyah
  • Nia Kusstianti
  • Arita Puspitorini

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.p150-157

Abstract

Riset ini membahas masalah rendahnya pengetahuan siswa tata kecantikan kulit dan rambut mengenai perawatan
hand-spa di SMK PGRI Wlingi. Untuk meningkatkan pembelajaran, media pembelajaran yang inovatif
dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, mengamati
peningkatan hasil belajar siswa, dan mengukur respon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model
pengembangan 4D. Penelitian ini melibatkan 40 siswa tata kecantikan kulit dan rambut di SMK PGRI Wlingi.
Penelitian ini menggunakan lembar validasi, penilaian pretest dan posttest, dan lembar respon siswa sebagai
instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran situs blog yang dikembangkan telah
divalidasi oleh para ahli dan dinyatakan valid serta layak digunakan dengan skor 4,20 dengan kategori "sangat
baik". Tanggapan siswa juga positif, dengan 100% dalam kategori "sangat baik". Hasil pretest dan posttest
menunjukkan adanya peningkatan, dengan nilai gain score sebesar 0,72 atau 72%. Analisis statistik
mengkonfirmasi signifikansi peningkatan ini. Kesimpulannya, media yang dikembangkan terbukti efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Blog, Handspa Treatment

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Indra, Z. N., Maspiyah, M., Kusstianti, N., & Puspitorini, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS BLOG PADA MATERI HAND SPA TREATMENT TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT SMK PGRI WLINGI. Jurnal Tata Rias, 13(2), 150–157. https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.p150-157
Abstract views: 57 , PDF Downloads: 32

Most read articles by the same author(s)

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 > >>