Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Perawatan Headlice di Nurayya Salon dan Spa Muslimah

Main Article Content

SRI WAHYUNIH
NIA KUSSTIANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada perawatan rambut berkutu (headlice) di Nuraya Salon dan Spa Muslimah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Kesesuaian SOP perawatan rambut berkutu (Headlice) dengan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) perawatan kulit kepala dan rambut, 2) Kesesuaian kinerja karyawan terhadap SOP perawatan rambut berkutu, 3) Tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan, 4) Pengaruh kinerja karyawan pada perawatan rambut berkutu (headlice). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah pelanggan dari Nurayya Salon dan Spa Muslimah sebanyak 30 pelanggan. Metode pengumpulan data menggunakan data observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) SOP perawatan rambut berkutu (headlice) Nurayya Salon dan Spa Muslimah sesuai dengan SKKNI (Standar Komptensi Kerja Nasional Indonesia) perawatan kulit kepala dan rambut, 2) Kinerja karyawan sesuai dengan SOP perawatan rambut berkutu diketahui dari respon pelanggan dengan nilai rata-rata 3,61 yang berarti baik sekali 3) Tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan pada perawatan rambut berkutu (headlice) dengan nilai rata-rata 3,81 yang berarti baik sekali 4) ) Kinerja karyawan pada perawatan headlice dengan total nilai rata-rata 3,63 berpengaruh pada kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan total nilai rata- rata 3,81 dari hasil pelayanan yang dilakukan oleh terapis yang berpacu pada SOP.

Kata Kunci : Perawatan rambut berkutu (headlice), Kinerja Karyawan, kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.

Abstract This research was conducted to determine the effect of employee performance on customer satisfaction and loyalty in headlice treatment at Nuraya Salon and Spa Muslimah. The purpose of this study was to determine 1) The suitability of SOP for head lice treatment with SKKNI (Indonesian National Work Competency Standards) for scalp and hair care, 2) Suitability of employee performance for SOP for head lice treatment, 3) The level of customer satisfaction and loyalty, 4 ) Effect of employee performance on treatment of head lice. This type of research used in research is quantitative descriptive. Subjects were 30 customers from Nurayya Salon and Spa Muslimah. Methods of data collection using observation data, questionnaires, interviews and documentation. Data analysis uses the average and percentage formulas. The results showed 1) Nurayya Salon and Spa Muslimah headroom treatment SOP (headlice) in accordance with the SKKNI (Indonesian National Work Competency Standards) skin and hair care, 2) Employee performance according to the headroom hair care SOP is known from customer responses with an average value average 3.61 which means very good 3) The level of customer satisfaction and loyalty in treatment of head lice with an average value of 3.81 which means very good 4) Performance of employees in headlice care with a total average value 3 , 63 effect on customer satisfaction and loyalty with a total average value of 3.81 from the results of services performed by therapists who are racing on SOP. Keywords: Headlice Treatment, Employee Performance, Customer Satisfaction and Loyalty.






Article Details

Section
Articles