PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIKA PERAWATAN KULIT WAJAH

Main Article Content

namira Trishantini
Nia Kusstianti
Mutimmatul Faidah
Dindy Sinta Megasari

Abstract

Kosmetika perawatan kulit wajah menjadi kebutuhan untuk menunjang penampilan, munculnya berbagai macam produk kosmetika perawatan kulit wajah menjadi masalah dan solusi bagi masyarakat. Sehingga konsumen harus memahami tentang produk yang agar tidak menjadi masalah bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan label halal baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian kosmetika perawatan kulit wajah. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh 100 orang panelis dan metode pengambilan sampel yang ditargetkan. Teknik olah data yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji F, dan uji T dengan menggunakan SPSS. Hasil uji regresi pada tabel coeffiients menunjukkan tingkat signifikansi <0,05 yang memiliki arti bahwa pengetahuan produk dan label halal secara bersamaan memiliki pengaruh atas keputusan pembelian dan nilai T memiliki nilai > ttabel memiliki arti bahwa variabel memiliki pengaruh secara parsial. Hasil olah data menunjukkan angka R square pada koefisien determinasi bernilai 0,534, dapat diartikan jika pengaruh pengetahuan produk dan label halal terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 53,4%. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan produk dan label halal secara parsial dan simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetika perawatan kulit wajah.


Kata Kunci : Pengetahuan Produk, Label Halal, Keputusan Pembelian

Article Details

Section
Articles