PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE PREMIERE PADA MATERI PELURUSAN RAMBUT DI SMK NEGERI 6 SURABAYA

Main Article Content

Qatrin Nur Faizzah
Biyan Yesi Wilujeng
Maspiyah Maspiyah
Octaverina Kecvara Pritasari

Abstract

Media pembelajaran berbasis video tutorial diharapkan mampu untuk mencapai kemampuan siswa dengan
gaya belajar audio-visual. Objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial
menggunakan aplikasi adobe premiere. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 6 Surabaya jurusan
kecantikan kelas XI KC 2 yang sedang memperlajari materi yang pelurusan rambut. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan R&D (Research and Development) Sugiyono yang memiliki 10 tahapan dan diadaptasi
menjadi 8 tahapan. Tahap penelitian ini meliputi: (1) Potensi & masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk,
(4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba tahap 1, (7) Revisi desain, (8) Uji pemakaian. Data dikumpulkan
menggunakan teknik Observasi, Tes, dan Angket. Hasil penelitian media pembelajaran berbasis video tutorial
menggunakan aplikasi adobe premiere pada materi pelurusan rambut diperoleh sebagai berikut : 1). Kelayakan
media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere memperoleh total keseluruhan
dari 3 aspek yaitu 88,92% dan dikategorikan “sangat layak” menurut kriteria presentase. 2). Tes hasil belajar siswa
menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere memperoleh nilai
rata rata 80,32 dikategorikan tuntas . 3) Hasil respon siswa mencapai 97,04% dapat dikategorikan “sangat layak”.
Kesimpulan : media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere layak digunakan
sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 6 Surabaya jurusan kecantikan kelas XI pada proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Video Tutorial, Pelurusan rambut, Adobe Premiere.

Article Details

Section
Articles