ANALISIS PERBANDINGAN MINAT KONSUMEN REMAJA PUTRI SISWA SMK PARIWISATA TERHADAP PRODUK KOSMETIK SKINCARE ANTARA PRODUK LOKAL DI SURABAYA DAN PRODUK LUAR NEGERI ((KOREA)

Main Article Content

Iflachah Lailatul Riha
Maspiyah Maspiyah
Octaverina Pritasari
Sri Dwiyanti

Abstract

abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) minat remaja putri pada produk kosmetik skincare lokal di
Surabaya 2) minat remaja putri pada produk kosmetik skincare luar negeri (Korea), 3) mengetahui
perbandingan minat remaja putri antara produk lokal dan produk luar negeri. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah remaja putri siswa SMK Pariwisata Satya Widya
Surabaya. Selanjutnya diambil sampel penelitian secara acak berjumlah 140 responden. Instrumen
pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil penelitian
menunjukkan 1). Minat remaja puteri terhadap skincare Korea memiliki nilai nilai mean rank sebesar 120,22
dan nilai sum of rank sebesar 16830.50. 2). minat remaja puteri terhadap skincare Lokal adalah nilai mean
rank sebesar 160,78 dari 140 responden dan nilai sum of rank sebesar 22509.50. 3). Perbandingan minat
konsumen remaja puteri antara kosmetik lokal dan kosmetik luar negeri (Korea) berdasarkan uji chi square
dan Mann-Whitney U menyimpulkan bahwa skincare Korea paling diminati oleh remaja putri.
Kata Kunci: Skincare Local, Skincare Korea, Minat Konsumen, Remaja

Article Details

Section
Articles