IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PRAKTIK PENATAAN RAMBUT FREE STYLE HALF UP DI SMKN 1 BUDURAN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v13n3.65548Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam penataan rambut gaya free style half up di SMKN 1 Buduran Sidoarjo. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa kelas XI Tata Kecantikan yang mengikuti pembelajaran penataan rambut. Hasil observasi penerapan metode demonstrasi menunjukkan nilai rata-rata sangat baik pada setiap aspek (pendahuluan: 3,72, kegiatan inti: 3,85, penutupan: 3,83). Tes keterampilan siswa menunjukkan 100% kelulusan dengan nilai rata-rata 85,09. Uji t one sample menghasilkan t hitung 16,424 yang lebih besar dari t tabel 1,69092, dengan signifikansi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Respon siswa terhadap metode demonstrasi mencapai 94,28%, menunjukkan ketertarikan dan pemahaman yang baik. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam penataan rambut free style half up.
Kata kunci : Metode Demonstrasi, Penataan Rambut, Free Style Half Up
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

