KONSTRUKSI SISWI OBESITAS TENTANG IKLAN SUSU WRP DI TELEVISI

  • NURNADIA THAMESVITA
  • REFTI HANDINI LISTYANI

Abstract

KONSTRUKSI SISWI OBESITAS TENTANG IKLAN SUSU WRP DI TELEVISI

Nurnadia Thamesvita

S-1 Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya

Nurnadiathamesvita@mhs.unesa.ac.id

Refti Handini Listyani

Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Reftihandini@unesa.ac.id

Abstrak

Pencitraan keidealan tubuh tersebut dilakukan sedemikian rupa dan seringkali mendapatkan pembenaran dari kalangan perempuan sendiri. Bentuk tubuh perempuan yang dianggap ideal bisa berubah-ubah,misalnya pada jaman Renaissance tubuh perempuan yang ideal adalah ‘berisi’. Sebaliknya pada jaman sekarang ini, bentuk tubuh ideal adalah langsing dengan lingkar pinggang yang kecil. Banyaknya iklan yang ada di televisi yaitu menawarkan berbagai macam produk makanan dan minuman dengan memberikan sebuah pengaruh dan membuat suatu bentuk konsep tubuh perempuan yang ideal yaitu sesuai dengan gambaran yang diciptakan oleh model iklan tersebut. Dari berbagai macam iklan produk yang di tawarkan yaitu diet sehat dengan meminum susu pelangsing tubuh yang tepat. Dari keterangan di atas, maka peneliti tertarik untuk mengangkat judul “Konstruksi Remaja Perempuan Obesitas di SMAN 16 Surabaya Tentang Iklan Minuman Susu Pelangsing Tubuh WRP di Televisi”. Teori di dalam penelitian ini adalah memakai teori konstruksi sosial Peter L. Berger. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keadaan obesitas pada perempuan, usaha untuk membentuk tubuh ideal, pengetahuan iklan susu WRP, pesan-pesan yang ada di dalam iklan susu WRP, kenyataan dari pesan tersebut, dan tentang iklan susu WRP.

Kata Kunci: Konstruksi Sosial, Obesitas, Iklan.

Abstract

Ideal body imaging is done in such a way and often gets justification from women themselves. The ideal female body shape can vary, for example in the Renaissance the ideal female body is contained.On the contrary today, the ideal body shape is slim with a small waistline. The number of ads available on television that offers a wide range of food and beverage products by giving an influence and create an ideal form of female body concept that is in accordance with the image created by the ad model. From a variety of product ads on offer is a healthy diet by drinking the right body slimming milk. From the description above, the researchers are interested to lift the title "Construction of Adolescent Women Obesity in Senior High School 16 Surabaya About Advertising WRP Slimming Milk Drink on Television".The theory in this study using social construction Peter L. Berger theory. The purpose of this study was to identify the state of obesity in women, effort to shape the ideal body, knowledge of WRP ads, messages contained in the WRP, the reality of the message, and about the WRP advertising.

Keywords: Construction Social, Obesity, Ads.


Published
2018-07-26
How to Cite
THAMESVITA, N., & HANDINI LISTYANI, R. (2018). KONSTRUKSI SISWI OBESITAS TENTANG IKLAN SUSU WRP DI TELEVISI. Paradigma, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/24806
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 75